Kabupaten Kediri Mendapatkan Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2020 kategori Pratama.

By Admin DP2KBP3A Kab. Kediri 14 Okt 2021, 14:00:51 WIB Pemberdayaan Perempuan
Kabupaten Kediri Mendapatkan Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2020 kategori Pratama.

Anugerah Parahita Ekapraya (APE) merupakan  salah satu bentuk pengakuan atas komitmen dan Peran pada Pimpinan Kementerian atau Lembaga dan Pemerintah Daerah sebagai upaya dalam mewujudkan Kesetaraan dan Keadilan Gender melalui strategi Pengarusutamaan Gender (PUG), maka Kementerian Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI menyampaikan Penghargaan sejak Tahun 2004 yang disebut : Anugerah Parahita Ekapraya (APE) . Anugerah Parahita Ekapraya (APE) sendiri, merupakan suatu Penghargaan terhadap prakarsa dan Prestasi yang dicapai dan menunjukan kondisi kesejahteraan orang lain dalam kaitannya dengan pencapaian kesejahteraan Gender, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak di Daerah. 

Penghargaan APE ini memiliki 4 tingkat, sedangkan kabupaten kediri berhasil meraih untuk Tingkat Pratama ( Pemula ) pada tahun 2020, meski begitu tentu hal tersebut patut diapresiasi karena dengan adanya penghargaan tersebut menjadi gerbang untuk menjadi lebih baik lagi kedepannya. Sehingga harapannya tentu bisa semakin meningkat lagi untuk tahun-tahun berikutnya, dan menjadikan kabupaten kediri semakin baik dalam hal pencapaian kesejahteraan Gender, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. 

Anugerah Parahita Ekapraya (APE) memiliki 7 (tujuh) Komponen kunci yang terdiri dari :

1. Komitmen

2. Kebijakan

3. Kelembagaan

4. Sumber Daya Manusia dan Anggaran

5. Alat Analisis Gender

6. Data Gender

7. Partisipasi Masyarakat

sehingga dalam hal ini, jika ingin memperbaiki diri tentu dibutuhkan peran serta tidak hanya dari dinas DP2KBP3A namun juga membutuhkan bantuan dari seluruh sektor termasuk juga dari masyarakat kabupaten kediri :) 




Tinggalkan komentar Anda via Disqus