Hari ANak Nasional

By Admin DP2KBP3A Kab. Kediri 23 Jul 2021, 00:00:35 WIB Perlindungan Anak
Hari ANak Nasional

Selamat Hari Anak Nasional!

Sebelum diperangi tanggal 23 Juli 2021, Hari Anak Nasional Sempat ,mengalami beberapa Pergantian tanggal bahkan sempat dicabut dan diganti dengan pekan kanak-kanak pada tahun 1967. Namun, seiring berjalannya waktu dibuatlah Undang-Undang No. 4 Tahun 1979 tentang Kesejahteraan Anak yang disahkan pada 23 Juli 1979, sekaligus menjadi usulan agar tanggal tersebut dipakai sebagai Hari Anak Nasional. Hingga kemudian pada 1984 keluar Keppres yang mengesahkan tanggal tersebut digunakan sebagai Hari Anak Nasional hingga saay ini.

Peringatan HAN merupakan momentum penting untuk menggugah kepedulian dan partisipasi seluruh komponen bangsa Indonesia dalam menjamin pemenuhan hak anak atas hak hidup, tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.
Berbeda dengan peringatan pada tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan HAN tahun ini menghadapi tantangan karena adanya pandemic Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) di Indonesia yang berimplikasi pada masyarakat, terutama anak, mengalami berbagai persoalan seperti masalah pengasuhan bagi anak yang orangtuanya positif COVID-19, kurangnya kesempatan bermain dan belajar serta meningkatnya kasus kekerasan selama pandemic sebagai akibat diterapkannya kebijakan jaga jarak maupun belajar dan bekerja di rumah.

Di masa pandemi, keseharian anak ikut berubah. Anak tidak lagi memiliki kesempatan berinteraksi bersama dengan teman sebayanya seperti biasanya. Namun, hal tersebut tidak lantas membuat mereka berhenti peduli antar sesama. Sikap peduli terhadap lingkungan masyarakat dianghap sebagai karakter penting di tengah pandemi Covid-19 ini. Sebab, dampak virus begitu luas, tak hanya mengancam nyawa tetapi juga memengaruhi kondisi psikis masyarakat, termasuk anak. Pada penyelenggaraan HAN tahun ini, anak-anak memiliki kesempatan untuk menunjukkan kepeduliannya terhadap sesama agar tetap bergembira di rumah

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Hari Anak Nasional 23 Juli, Ketahui Sejarahnya", Klik untuk baca: https://lifestyle.kompas.com/read/2021/07/23/051300820/hari-anak-nasional-23-juli-ketahui-sejarahnya?page=all.

Editor : Nabilla Tashandra

Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://bit.ly/3g85pkA
iOS: https://apple.co/3hXWJ0L

Tentunya di masa pandemi, keseharian anak juga ikut berubah. Anak tidak lagi memiliki kesempatan berinteraksi secara bebas dengan teman sebayanya seperti biasanya. Namun, hal tersebut tidak lantas membuat anak-anak berhenti peduli antar sesama. Tumbuhnya sikap peduli terhadap lingkungan yang ada disekitarnya dianggap sebagai karakter penting di tengah pandemi Covid-19 ini. Sebab, dampak pandemi ini begitu luas, tak hanya mengancam nyawa namunjuga memengaruhi kondisi psikis masyarakat, termasuk anak-anak. Sehingga pada penyelenggaraan HAN tahun ini, anak-anak memiliki kesempatan untuk menunjukkan kepeduliannya terhadap sesama agar tetap bergembira meskipun harus di rumah saja.


“Anak Terlindungi, Indonesia Maju”




Tinggalkan komentar Anda via Disqus