Login

Kediri – Bertempat di Ruang Sekartaji, Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Kabupaten Kediri menggelar rapat koordinasi pendataan keluarga sekaligus sosialisasi tentang Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Pembantu (PPID Pembantu). Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Senin, 22 Juni 2015, yang dihadiri oleh seluruh pegawai BPPKB.  

Sosialisasi 50kb   

Kegiatan sosialisasi ini merupakan tindak lanjut dari Rapat Pertemuan Bakoinmas yang membahas Implementasi Peraturan Bupati Nomor 17 Tahun 2015 tentang Pedoman Pelayanan Informasi dan Dokumentasi di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kediri, yang dihadiri oleh ketua/anggota PPID Pembantu se-Kabupaten Kediri. Adapun tujuan sosialisasi untuk meningkatkan kualitas  layanan informasi publik sebagai implementasi dari Undang-Undang No 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan Informasi Publik, serta meningkatkan profesionalitas para pejabat dalam mengelola sistem informasi.

         Acara dibuka oleh Kepala Badan, Dra. Wuryandani Josep, M.Si, dilanjutkan sosialisasi dengan narasumber sekretaris badan sekaligus ketua PPID pembantu, Drs. Kaleb Untung SW, MM. Menurut narasumber, informasi publik adalah informasi yang dihasilkan, disimpan, dikelola, dikirim, dan/atau diterima Pemerintah Daerah yang berkaitan dengan penyelenggaraan Pemerintah  Daerah sesuai dengan peraturan perundang-undangan serta informasi lain yang berkaitan  dengan kepentingan publik. Undang-Undang  Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi memberikan landasan hukum bagi  setiap orang untuk memperoleh informasi. Dimana, setiap badan publik mempunyai  kewajiban untuk menyediakan dan melayani  permohonan informasi publik secara cepat, tepat  waktu, biaya ringan dan cara sederhana. Untuk  mewujudkan hal tersebut maka dibentuk PPID Pembantu yang bertugas merencanakan, mengorganisir, melaksanakan, mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan pengelolaan dan pelayanan informasi di lingkungan BPPKB. Adapun pedoman tentang informasi dan dokumentasi di lingkungan pemerintah Kabupaten Kediri bisa dilihat pada Peraturan Bupati Kediri Nomor 17 Tahun 2015. (b hasto b)