Login

Bertempat di Pendopo Kabupaten Kediri, Selasa 12 September 2017, Dinas P2KBP3A bekerja sama dengan Kodim 0809 Kediri dan Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri menyelenggarakan rapat koordinasi safari KB dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) TNI 2017. Rapat dihadiri oleh 120 orang yang terdiri dari Camat, koordinator Lapangan PKB, Kepala Puskesmas, Danramil dan instansi terkait.

1

Acara dibuka oleh Asisten Administrasi Umum Kabupaten Kediri, Mamiek Amiati, SH, MH, mewakili Bupati Kediri. Dalam sambutannya Bupati menyampaikan tingginya jumlah kelahiran dan perkawinan usia muda merupakan masalah kependudukan yang masih harus dihadapi oleh Kabupaten Kediri. Hal ini ditandai oleh tingginya angka Total Fertility Rate (TFR) sebesar 2.4 dan perkawinan wanita usia ≤ 20 tahun sebesar 30%. Untuk mengatasi kondisi tersebut salah satunya adalah dengan kegiatan safari KB Kes.

Safari KB Kes TNI ini merupakan upaya DP2KBP3A Kabupaten Kediri bekerja sama dengan Dinas Kesehatan dan TNI untk menggerakan masyarakat ikut KB Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) dan menurunkan angka perkawinan usia muda. Dalam kegiatan ini ditargetkan pelayanan gratis bagi masyarakat Kediri sebanyak 1.000 akseptor implant, 1.000 akseptor IUD, 20 akseptor MOP dan 150 akseptor MOW.

2

Jadwal pelaksanaan safari KB :

No Kegiatan Waktu Tempat
1. Pelayanan IUD dan Implant 12 September – 31 Oktober 2017 

  - Puskesmas

  - Klinik KB

Se-Kab. Kediri

2. MOW (steril pada wanita) 21 Oktober 2017 RSUD Pare
3 MOP (steril pada pria) 31 Oktober 2017 RS HVA
4. Sosialisasi Pendewasaan Usia Perkawinan  
- Kec. Kepung
- Kec. Kunjang
- Kec. Purwoasri
- Kec. Mojo
- Kec. Wates
5.

Safari dengan Muyan

(mobil unit pelayanan)

  -  Kec. Plosoklaten

  -  Kec. Kandangan

  -  Kec. Kandat

  -  Kec. Papar